selamat membaca teman-teman yang haus dangn ilmu pengetahuan

Rabu, 1 Disember 2010

PONDOK PESANTREN MODERN MANAHIJUSSADAT

Pondok Modern MANAHIJUSSADAT
Pondok Modern MANAHIJUSSADAT
Didirikan
03 agustus 1997
Jenis
Pesantren  Modern
Afiliasi
Islam (salafu assoleh)
Pimpinan
KH.Sulaiman Effendi
Lokasi
Serdang,cibadak,lebak,bantenFlag of Indonesia.svg
Situs web
Successisdiamon.blogspot.com
Pondok Modern MANAHIJUSSADAT adalah sebuah pondok pesantren di serdang,cibadak,lebak,banten. Pondok ini mengkombinasikan pesantren dan metode pengajaran klasik berkurikulum seperti sekolah
Sejarah

Pondok Manahij didirikan pada 03 agustus 1997 di rangkas bitung banten oleh KH.sulaiman effendi
Pada masa itu masyarakat di sekitar pesantren masih dibawah setandar dalam pengetahuan agama,dan para santri yang mulai mendaftarkan diri pada saat itu belum tahu apa arti dan tujuan pondok pesantren berdiri,kemudian pimpinan dan guru-guru  menerapkan format baru dan mendirikan Pondok Manahij dengan mempertahankan  tradisi pesantren salaf,modern dan menerapkan system sekolahan umum
Pesantren MANAHIJ dikelola oleh pimpinan pondok sendiri beserta beberapa guru pada saat itu,diantaranya ustdz hasan asy`ari,ustdz Aan subhan aziz,beserta istri pimpinan pondok sendiri ustadzah ummi. Beserta orang yang peduli Islam sebagai donatur pesantren pada saat itu.
Pada saat peristiwa kerisis moneter melanda Negara Indonesia,ketika itulah mereka bergerak dan berjuang untuk membangun sebuah lembaga islam yang berlandaskan salafu assoleh,dan tentunya iman dan taqwa didalamnya. 
Sekilas Pandangan Modern KH sulaiman effendi, sebagai Pendiri pesantern MANAHIJUSSADAT diwujudkan pula dalam menyekolahkan putra-putrinya selain di sekolah agama (pesantren) juga di sekolah umum.sama halnya pandangan sekilas adek pimpinan pondok ustadz hasan asy`ary.
Dan tentu ketika itu sang pemimpin menginikan perkembangan pesantren tersebut berlandaskan dasar-dasr agama yang kuat.salah satunya membangun karakter ummat menjadi karakter yang mempunyai moto pondok  dan safta jiwa pondok.
Pada saat itu perjuangan sang pemimpin sangat luar biasa demi terciptanya pendidikan islam yang berbasis salafu assoleh,berbagai macam rintangan dan cobaan beliau lalaui dengan penuh perjuangan dan keyakinan agar terwujudnya pesantren modern MANAHIJUSSADAT.
Hingga kini MANAHIJUSSADAT mampu mengembangkan islam melui pendidikan akhlak dan pengajaran.terlihat jelas dari beberapa santrinya yang berkembang pesat di berbagai penjuru,

Kulliyatul-Mu'allimin al-Islamiyah (KMI)

Adalah jenjang pendidikan menengah di Pondok MANAHIJUSSADAT yang setara dengan SMP dan SMA. Masa belajar dapat diselesaikan dengan empat tahun dan/atau enam tahun

Jam belajar
Jam belajar di pondok MANAHIJ dimulai pada jam 04.30 saat salat subuh dan berakhir pada pukul 22:00.
Jam belajar ini terbagi menjadi dua bagian:
§  Pendidikan formal dimulai dari pukul 07:00 - 12:15
§  Pengasuhan dimulai pukul 13.00

Kurikulum dan Pelajaran
Kurikulum KMI yang bersifat akademis dibagi dalam beberapa bidang, yaitu:
§  Bahasa Arab
§  Dirasah Islamiyah
§  Ilmu keguruan dan psikologi pendidikan
§  Bahasa Inggris
§  Ilmu Pasti
§  Ilmu Pengetahuan Alam
§  Ilmu menengah kejuruan(SMK)
§  Ilmu pertanian
§  Ilmu agri bisnis
§  Ilmu Pengetahuan Sosial
§  Keindonesiaan/ Kewarganegaraan.
KMI membagi pendidikan formalnya dalam perjenjangan yang sudah diterapkan sejak awal berdirinya pesantren. KMI memiliki program reguler dan program intensif.
§  Program reguler untuk lulusan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan masa belajar hingga enam tahun. Kelas 1(satu) setingkat dengan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) jika mengacu pada kurikulum nasional dan kelas 4 dan 5 setara dengan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (MA).
§  Program intensif KMI untuk lulusan SMP/MTs yang ditempuh dalam 4 tahun.
§  Bahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar santri memiliki dasar kuat untuk belajar agama mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan/umum.
§  Pengasuhan santri adalah bidang yang menangani kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler. Setiap siswa wajib untuk menjadi guru untuk kegiatan pengasuhan pada saat kelas 5 dan 6 (mudabbir) jika ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi,murid yang telah selesai sekolahnya di pesantren bisa langsung memilih pilihan universitas yang sesuai dengan kehendak mereka,adapun sebagian guru yang di minta oleh pimpinan pondok untuk mengabdi di pondok,mereka bisa kuliyah di latansa mashiro salah satu universitas terdekat dari pondok,dan rata-rata guru yang di minta untuk membantu pondok mereka bisa kuliyah sambil belajar mengajar,tentunya administrasi belajar di universitas di bantu oleh pondok,walaupun tidak semua kebutuhan kuliyah di penuhi, dan juga mereka yang mengajar sambil kuliyah, Pelatihan tambahan bagi mereka para guru  dengan materi yang sesuai dengan standar pendidikan nasional.
§  Keterampilan, kesenian, dan olahraga tidak masuk kedalam kurikulum tetapi menjadi aktivitas ekstrakurikuler.
§  Siswa diajarkan untuk bersosialisasi dengan membentuk masyarakat sendiri di dalam pondok, melalui organ organisasi. Mulai dari ketua asrama, ketua kelas, ketua kelompok, organisasi intra/ekstra, hingga ketua regu pramuka. Sedikitnya ada 20 jabatan ketua yang selalu berputar setiap pertengahan tahun atau setiap tahun






fasilitas
Kompleks pondok pada umumnya terdiri dari masjid besar, aula, gedung dua lantai, dan sekolah. Bangunan asrama melingkari sekeliling pesantren.
Terdapat juga:
§  Asrama santri
§  Ruang-ruang praktikum
§  Laboratorium komputer
§  Perpustakaan
§  Klinik kesehatan
§  Koprasi
§  BLT
§  Perumahan para dewan guru
§  Lapangan olahraga
§  Kursus bahasa
§  Kursus kesenian
§  Diskusi area
§  Warung internet
§  Kantin
§  Dapur
§  Kediaman pimpinan pondok
§  Agri bisnis
§  Saung indah
§  Dll

Biaya sekolah dan sumber dana
§  Biaya pendidikan bagi siswa di KMI sebesar Rp. 250.000 per bulan, terdiri dari Rp. 150.000 untuk uang makan dan Rp. 50.000 untuk biaya pendidikan, 25 ribu uang kegiatan.
§  guru dan pengasuh pondok tidak pernah digaji
§  Manajemen pesantren dilakukan secara swadana dan swakelola
§  Sumber pendanaan berasal dari santri dan pengembangannya dikelola dalam beberapa unit usaha untuk mendanai pendidikan, pengajaran, dan pengasuhan.
§  Seluruh pengelola adalah keluarga besar pondok yang terdiri dari para santri dan dewan guru
§  Biaya Pendaftaran 50.000 & Biaya Gedung 50.000


Alumni
§   
§  Lulu ulumuddin Ketua IKAM
§  Nasrun saragih wakil IKAM
§  Amjani sekretaris IKAM
§  Anggota semua alumni MANAHIJUSSADAT

Penasehat alumni
1.pimpinan pondok KH.sulaiman effendi
2ustadz Hasan as`ary

Lain-lain
§  Kunjungan Mentri koprasi,Gubernur Banten,Bupati Lebak,beberpa universitas,para tokoh2 agama,dll lain( tolong klo punya data tentang hari dan tanggal beserta tahun,,,jangn lupa namanya juga,bagi dong hehehhe)
§  Mengadakan kegiatan pramuka dan kesenian pada waktu2 tertentu
§  Mengadakan study banding untuk menambah wawasan santri dan santriwati
§  Mengundang atau menghadiri pertandingan vestifal atau silaturrohmi persahabatan antara santri dengan pesantren lainnya
§  Mengikuti lomba-lomba antara pesantren dan sekolah umum
§  Mengikuti kegiatan pemerintah dalam bidang olahraga dan kesenian
§  Mengadakan ceramah 3 bahasa
§  Tentunya mengadakan perkembangn pesantren agar lebih maju lagi( al ma`hadu la yanamu Abadan).

Referensi
§  Teman-teman dan coretan kecil saya selagi di pesantren

HYMNE OH PONDOKKU

Oh Pondokku tempat naung kita
Dari kecil sehingga dewasa
Rasa batin damai dan sentosa
Dilindungi Allah ta'ala
Oh Pondokku engkau berjasa
Pada ibuku Indonesia


Tiap pagi dan petang
Kita beramai sembahyang
Mengabdi pada Allah ta'ala
Di dalam kalbu kita
Wahai Pondok tempatku
Laksana ibu kandungku
Nan kasih serta sayang padaku
Oh pondokku ......................
I ....... bu ...............ku.




Tiada ulasan:

Catat Ulasan